Tips Memilih Jasa Sewa Bus Pariwisata dan Manfaat Menggunakannya

/ / Blog

Bus pariwisata sekarang ini menjadi alternatif pilihan akomodasi yang populer di mata para masyarakat. Adanya perkembangan teknologi di bidang otomotif dan juga peningkatan fasilitas bus menjadikan para traveler lebih memilih menggunakan bus pariwisata untuk menemani perjalanan mereka. Faktor kenyamanan selama perjalanan dan efisiensi biaya merupakan alasan utama jasa sewa bus pariwisata semakin ramai.

Tips Memilih Jasa Sewa Bus Pariwisata Terpercaya

Biasanya para traveler memilih untuk memakai jasa sewa bus ketika melakukan liburan dengan rombongan. Menggunakan bus pariwisata akan membuat anda bebas dalam menikmati suasana selama perjalanan serta mempermudah anda dalam memanajemen waktu liburan. Saat anda ingin menyewa bus pastikan anda mengetahui tips memilih jasa sewa bus pariwisata di bawah ini.

1. Mencari informasi terkait perusahaan

Sebelum anda memilih bus pariwisata di perusahaan tertentu, ada baiknya anda mencari informasi mengenai background perusahaan tersebut. Pilihlah agen transportasi dari perusahaan ternama yang sudah mempunyai reputasi bagus dan terpercaya, baik dalam hal pelayanan maupun unit armada yang ditawarkan.

Biasanya perusahaan tersebut memiliki sertifikat tingkat keselamatan tinggi. Informasi bisa anda dapatkan melalui referensi terpercaya seperti forum, google, koran, rekan kantor, teman dan lainnya. Dengan demikian anda bisa mendapatkan jasa sewa bus pariwisata terbaik dan terpercaya.

2. Keamanan & fasilitas yang memadai

Luangkanlah waktu anda untuk memeriksa fasilitas serta keamanan yang ditawarkan. Pastikan semua dalam kondisi yang prima sekaligus berfungsi dengan baik. Apabila anda menemukan suatu hal yang mungkin kurang memuaskan, anda dapat memberikan catatan khusus sebagai konsumen. Ini termasuk salah satu hak anda selaku konsumen dalam memberikan kritik maupun mengajukan permintaan khusus pada penyedia jasa sewa bus pariwisata.

Disamping itu, anda juga perlu memperhatikan detail fasilitas bus yang ditawarkan misalnya LED TV, AC, Karaoke, Rec seac, Wifi dan lainnya. Pilihlah bus pariwisata sesuai dengan kebutuhan wisata anda, misalnya dengan mempertimbangkan jumlah tempat duduk dan juga fasilitas yang disediakan.

3. Memilih sopir yang berlisensi dan berpengalaman

Saat melakukan perjalanan menggunakan jasa sewa bus pariwisata, pastinya keamanan akan tergantung pada sopir bus sepenuhnya. Ini sangat penting untuk anda perhatikan, sehingga anda perlu memastikan jasa sopir yang akan mengantar anda dan rombongan ke tempat tujuan benar-benar sudah berlisensi, berpengalaman serta menguasai medan.

Apabila diperlukan, anda dapat meminta fotokopi SIM serta identitas lain dari driver tersebut untuk memeriksa benarkah driver tersebut berlisensi serta bisa dipercaya. Sopir bus yang berpengalaman dan memiliki lisensi tentu sudah menguasai medan perjalanan sehingga mampu menghandle kendaraan tanpa membuat para penumpang merasa tidak nyaman.

4. Mempersiapkan penyewaan jauh-jauh hari

Ada baiknya anda melakukan persiapan matang dengan menyewa bus jauh-jauh hari sebelum hari H. Ini sangat penting agar anda bisa memilih unit yang masih baru dan nyaman untuk digunakan terlebih untuk perjalanan jauh. Sebab, walaupun jasa sewa bus pariwisata yang anda incar merupakan agen ternama, namun tidak dapat dipungkiri jika mereka akan kehabisan stok karena banyaknya jumlah pemesan. 

5. Order dengan benar

Pastikan anda menanyakan tentang harga sewa bus pariwisata di awal sekaligus bagaimana cara pembayarannya. Penjelas secara rinci dan mendetail supaya anda dan juga pihak penyedia persewaan bus bisa sama-sama diuntungkan.

6. Informasi biaya yang lain

Anda juga perlu menanyakan info rinci terkait biaya lain selain untuk sewa bus, misalnya makan crew, biaya tol, parkir, tips crew, biaya penginapan dan lainnya. Pastikan apakah semua sudah masuk dalam satu paket sewa atau tidak.

7. Kontak komunikasi

Mintalah pada agen sewa bus pariwisata yang anda pilih berapa nomor kontak driver, merk bus dan nomor bus yang akan anda pakai. Ini berguna untuk memudahkan komunikasi dengan sopir ketika penjemputan serta saat di lokasi wisata.

8. Periksa lokasi kantor perusahaan

Anda juga perlu cek lokasi kantor sewa bus baik dengan datang sendiri maupun perwakilan dari teman, saudara atau keluarga untuk mencapai kesepakatan yang adil dan saling menguntungkan.

9. Lakukan transaksi yang aman

Pastikan anda tidak melakukan pembayaran di awal via transfer dan langsung lunas, ada baiknya anda melunasinya dengan datang ke kantor langsung sehingga anda dapat memperoleh bukti transaksi sewa bus yang ingin anda gunakan.

10. Waspada dan cermat

Pastikan anda tidak mudah terkecoh dengan penawaran harga murah oleh tempat lain, karena jasa sewa profesional tentu sudah paham berapa harga yang wajar untuk persewaan bus pariwisata.

Sehingga, ketika anda menemukan harga persewaan bus yang jauh lebih murah bahkan di bawah standar pasar, maka anda perlu waspada dan berhati-hati. Saat agen jasa sewa bus tersebut meminta persyaratan yang rumit, ada baiknya anda mencari agen sewa bus yang lainnya.

Manfaat Menggunakan Sewa Bus Pariwisata

Di bawah ini beberapa manfaat yang akan anda dapatkan saat anda memilih untuk menggunakan jasa sewa bus pariwisata terpercaya.

1. Bebas dan fleksibel

Pemilihan transportasi dapat menentukan kebebasan saat berlibur. Apabila anda memilih untuk menyewa bus pariwisata anda akan merasa bebas sebab tidak harus memikirkan rute perjalanan maupun berganti-ganti transportasi seperti saat menggunakan transportasi umum. Selain itu, anda juga lebih bebas membawa banyak barang sebab kapasitas bagasi bus seluruhnya adalah milik anda dan rombongan.

2. Bisa menikmati perjalanan

Salah satu hal paling menyenangkan saat liburan ke destinasi wisata memakai bus pariwisata adalah bisa menikmati pemandangan yang indah sepanjang perjalanan ke tempat wisata. Disamping itu, anda juga dapat melakukan berbagai aktivitas lain ketika perjalanan misalnya menghabiskan waktu berinteraksi bersama teman maupun keluarga selama di perjalanan.

3. Lebih hemat

Sejumlah orang mungkin beranggapan dengan menggunakan transportasi umum bisa memangkas anggaran untuk liburan. Padahal sebenarnya ini justru akan memicu pengeluaran yang lebih besar. Mulai dari kesalahan memakai angkutan maupun menunggu datangnya angkutan dalam waktu cukup lama serta kendala yang lainnya.

Naik transportasi umum mungkin terkesan murah apabila anda melakukan liburan sendiri. Namun jika anda liburan bersama rombongan maka sewa bus pariwisata tentu akan lebih efisien dan efektif.

4. Ada jaminan

Banyak orang yang mengatakan bahwa liburan merupakan sebuah berkah, namun banyak hal yang mungkin bisa terjadi diluar dugaan kita. Misalnya seperti mobil yang mogok secara tiba-tiba. Jika memakai mobil pribadi, anda tentu akan lebih repot sebab harus menghubungi teknisi untuk service mobil. 

Lain halnya jika anda menggunakan jasa sewa bus pariwisata, jika terjadi hal diluar dugaan, anda cukup menghubungi pihak jasa sewa dan mereka yang akan mencari solusinya.

5. Bebas memilih bus sesuai kebutuhan

Manfaat lainnya yaitu anda dapat memilih bus yang akan anda gunakan sesuai kebutuhan. Anda dapat menyesuaikan dengan jumlah anggota yang akan berlibur dan juga spesifikasi yang anda inginkan agar memberikan kenyamanan yang terjamin. 

Demikian ulasan mengenai tips memilih jasa sewa bus pariwisata dan manfaat menggunakannya. Melakukan perjalanan wisata secara berkelompok memang akan jauh lebih menyenangkan jika anda memilih menggunakan jasa sewa bus. Namun pastikan anda memilihnya dengan benar bisa mendapatkan fasilitas dan pelayanan terbaik. Anda dapat menghubungi kami Jakartarentbus.com untuk pesan bus pariwisata