Kenali Perbedaan Hiace Commuter dan Premio

/ / Blog

Apa saja perbedaan Hiace Commuter dan Premio? Hiace Commuter dan Premio merupakan jenis kendaraan roda empat dari Toyota yang populer di Indonesia. Perbedaan Hiace Commuter dan Premio sangat mencolok, tidak hanya dari segi penampilan interior, eksterior, fitur, dan jenis mesin yang digunakan. Namun juga dalam hal fungsionalitas dan penggunaannya sebagai kendaraan niaga ringan.

Baik Hiace Commuter maupun Premio, keduanya menawarkan keunggulan yang berbeda, yang dapat menjadi pertimbangan bagi calon pembeli atau penyewa. Kedua varian Hiace ini merupakan kendaraan ringan yang ideal untuk mengangkut penumpang dalam jumlah besar dalam satu perjalanan.

Perbedaan Hiace Commuter dan Premio

Masih banyak orang yang masih bingung akan perbedaan Hiace Commuter dan Premium. Padahal dengan memahami perbedaan dari keduanya dapat membantu mereka memilih jenis kendaraan yang cocok dengan kebutuhannya.

Baik Hiace Commuter maupun Premio, keduanya menawarkan kenyamanan yang tinggi, ruang kabin yang luas, dan desain yang futuristik. Untuk memahami perbedaan yang lebih mendalam antara keduanya, mari simak penjelasan lengkap kami berikut ini:

1. Kapasitas Penumpang

Kapasitas penumpang menjadi perbedaan yang cukup ketara antara Hiace Commuter dan Premio. Hiace Commuter dapat menampung hingga 16 penumpang, sementara Premio memiliki batasan jumlah penumpang hingga 12 orang. Dengan demikian, kabin penumpang Commuter secara otomatis lebih luas.

Secara dimensi, Hiace Premio mempunyai ukuran yang lebih panjang serta lebar dibandingkan dengan Hiace Commuter, tetapi tinggi Commuter sedikit lebih tinggi dari Premio. Hiace Premio mempunyai panjang 5.915 mm dengan lebar 2.018 mm, serta tinggi 2.280 mm. Dan untuk jarak sumbu roda depan dan belakang mencapai 3.860 mm.

Di sisi lain, Hiace Commuter mempunyai panjang 5.380 mm dengan lebar 1.880 mm dan tinggi 2.285 mm. Untuk jarak sumbu roda antara depan dan belakang hanya 3.110 mm. Meskipun Hiace Premio mempunyai dimensi yang lebih besar, namun jumlah penumpang yang bisa diangkut lebih sedikit. Sementara itu, Commuter lebih berfokus pada kapasitas angkutannya.

2. Eksterior Premio Lebih Futuristik

Perbedaan yang sangat terlihat antara Hiace Commuter dan Hiace Premio terletak pada penampilan keduanya. Dari segi dimensi eksternal, Hiace Commuter memiliki dimensi yang lebih pendek dibandingkan Premio.

Premio juga menampilkan desain yang lebih mewah dengan inspirasi semi-bonnet seperti Mercedes V-Class, serta penggunaan aksen krom di bagian depannya. Eksterior ini memberikan Premio tampilan yang lebih modern, futuristik, dan elegan.

Satu perbedaan signifikan dalam penampilan adalah bagian depan yang lebih mencuat pada Premio. Yang mana dianggap meningkatkan keamanan dalam situasi tabrakan, sementara Commuter tidak memiliki desain mencuat serupa. Toyota Hiace Premio menggunakan desain Semi-Bonnet pada tipe bodinya untuk meningkatkan beberapa aspek.

Dari segi kinerja, desain interior, dan keselamatan, kedua mobil ini menampilkan standar kualitas yang tinggi. Termasuk peningkatan dalam isolasi suara yang meningkatkan kenyamanan penumpang di dalamnya.

*Baca Juga: Kapasitas Penumpang Hiace Premio Muat Berapa Orang?

3. Performa Mesin

Jenis mesin yang digunakan menjadi perbedaan Hiace Commuter dan Premio yang selanjutnya. Hiace Premio dibekali dengan mesin turbo diesel 1GD-FTV 4-silinder VNT Intercooler yang berkapasitas 2.800 cc. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 177 ps pada 3.400 rpm dan torsi maksimum 420 Nm pada rentang 1.400 hingga 2.600 rpm.

Di sisi lain, Hiace Commuter dibekali dengan mesin turbo diesel 1KD-FTV dengan kapasitas 3.000 cc. Mesin ini memiliki tenaga sebesar 134 ps pada 3.400 rpm dan torsi puncak 300 Nm pada rentang 1.200 hingga 2.400 rpm.

Selain perbedaan dalam kapasitas mesin, posisi mesin juga berbeda antara keduanya. Hiace Premio memiliki mesin yang ditempatkan di bagian depan, sementara Hiace Commuter memiliki mesin yang terletak di bawah jok penumpang depan.

4. Fitur yang Tersedia

Tampilan layar Multi-Information Display (MID) pada Premio menawarkan daya tarik visual yang lebih menonjol. Sebaliknya, kokpit Hiace Commuter memberikan kesan kesederhanaan dengan dashboard yang didominasi oleh nuansa warna hitam. MID pada Hiace Commuter juga dirancang dengan sederhana tanpa elemen futuristik yang mencolok.

Dalam hal fitur keamanan, keduanya dilengkapi dengan SRS airbag dan sabuk pengaman 3 titik. Tetapi, Hiace Premio telah dibekali dengan fitur Kendali Stabilitas Kendaraan (Vehicle Stability Control/VSC), sementara Commuter belum memilikinya.

Selain itu, Hiace Premio juga menyertakan fitur Hill Start Assist (HSA) dan Emergency Brake Signal (EBS), yang tidak ada pada Hiace Commuter. Terakhir, Premio juga dibekali dengan fitur New Parking Camera dan New Parking Sensor, sedangkan Commuter hanya dilengkapi dengan New Parking Sensor.

5. Ukuran Ban Hiace Commuter Lebih Kecil

Ukuran ban menjadi perbedaan Hiace Commuter dan Premio yang sangat terlihat. Hiace Premio menggunakan ban berukuran 235/65 dengan diameter 16 inch. Sedangkan Hiace Commuter menggunakan ban yang lebih kecil, yakni berukuran 195/80 dengan diameter 15 inch.

Selain itu, Hiace Premio dilengkapi dengan sistem rem 4 cakram, sementara Hiace Commuter menggunakan rem cakram vented di bagian depan dan rem drum di bagian belakang.

Nah dari perbedaan Hiace Commuter dan Premio di atas, dapat mempertimbangkan mobil yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda. Untuk penggunaan komersial atau perjalanan jarak jauh dengan jumlah penumpang besar, Hiace Commuter mungkin menjadi opsi yang lebih baik.

Sementara bagi Anda yang mencari kendaraan keluarga dengan kenyamanan, gaya, dan efisiensi bahan bakar yang baik, Premio bisa menjadi pilihan yang lebih cocok. Jika Anda ingin menyewa Mobil Hiace Commuter atau Hiace Premio jangan ragu untuk menggunakan jasa sewa Hiace dari Jakartarentbus.

Untuk mempermudah proses penyewaan Toyota Hiace, Jakartarentbus siap menyediakan layanan terbaik. Kami menyajikan dukungan penyewaan Hiace Commuter dan Premio yang profesional serta berkualitas demi kenyamanan Anda. Untuk sewa Hiace Premio, silahkan hubungi kami.