Apa itu HiAce? Pengertian, Generasi dan Jenisnya

/ / Blog

Sebenarnya apa itu HiAce? Toyota HiAce adalah moda transportasi komersial berukuran menengah yang diproduksi oleh Toyota, perusahaan otomotif terkemuka asal Jepang. Kendaraan ini telah terbukti sebagai pilihan yang handal dan serbaguna untuk berbagai keperluan komersial dan pribadi.

Saat ini kendaraan ini digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti perjalanan wisata, transportasi bisnis, layanan antar-jemput. Serta kegiatan logistik dan operasional lainnya. HiAce menawarkan desain yang nyaman dan ruang yang luas untuk mengakomodasi penumpang dan barang dengan efisiensi tinggi. Hal ini menjadikannya salah satu kendaraan yang sangat diminati di segmen komersial.

Apa itu HiAce?

Apa itu HiAce? Toyota HiAce adalah kendaraan komersial serbaguna berukuran menengah yang diproduksi oleh Toyota, perusahaan asal Jepang. HiAce pertama kali diluncurkan pada tahun 1967. HiAce telah menjadi pilihan utama dalam berbagai konfigurasi untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang beragam.

Dengan desain yang multifungsi, HiAce mampu berperan baik sebagai kendaraan penumpang maupun pengangkut barang. Saat ini, HiAce sering digunakan sebagai sarana transportasi dalam layanan pariwisata.

Kepercayaan masyarakat terhadap merek Toyota menjadikan Toyota HiAce sebagai pilihan unggul dibandingkan dengan kendaraan dari produsen lain. HiAce merupakan opsi cerdas untuk perjalanan wisata maupun kebutuhan bisnis. Sebelum memutuskan untuk menggunakan HiAce, penting untuk mempertimbangkan spesifikasi, interior, serta kenyamanannya.

Dengan kapasitas penumpang yang mencapai lebih dari 14 hingga 16 orang, HiAce menjadi pilihan ideal untuk perjalanan wisata, keluarga, bisnis. Atau keperluan lain yang mengedepankan kenyamanan, kapasitas maksimal, fleksibilitas, dan desain eksklusif.

Toyota HiAce Generasi Pertama (H10; 1967-1977)

Setelah Anda mengetahui apa itu HiAce, Anda juga harus mengetahui setiap generasinnya. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1967, HiAce menawarkan beragam model bodi, termasuk pick-up, van pengiriman, dan kendaraan komuter. Varian van kendaraan ini dikenal sebagai HiAce Commercial. Pengenalan HiAce terjadi dua tahun setelah Nissan merilis Nissan Homy, setelah mengakuisisi Prince Motor Company.

HiAce tersedia dengan beragam jenis mesin, mulai dari mesin bensin 1.35L yang menghasilkan daya 70 PS (51 kW) hingga versi 1.6L yang mampu menghasilkan daya 83 PS (61 kW). Pada tahun 1975, diluncurkan mesin 1.8L dengan kode 16R. Di Indonesia, HiAce masuk sebagai versi CKD pick-up yang sering diubah menjadi minibus oleh karoseri lokal. Selain itu, versi built-up juga banyak digunakan, terutama oleh instansi pemerintah.

Toyota HiAce Generasi Kedua (H20, H30, H40; 1977-1982)

Pada tahun 1977 HiAce baru yang diluncurkan menampilkan desain bodi yang lebih kotak dengan lampu depan tunggal. Perluasan varian mesin meliputi penambahan mesin diesel 2.2L. Generasi ini juga menawarkan beragam model bodi, seperti pikap kabin ganda, van super-long-wheelbase, dan komuter dengan atap tinggi (high-roof). Meskipun diluncurkan pada tahun 1982, produksi HiAce berlanjut di beberapa pasar dunia selama beberapa tahun kedepannya.

Baca juga: Beginilah Bagian Dalam Toyota Hiace Premio

Di Jepang, model facelift menampilkan lampu depan kotak, sementara versi ekspor tetap menggunakan lampu bulat. Di Indonesia, HiAce generasi ini cukup diminati. Meskipun awalnya dipasarkan sebagai pick-up, HiAce Minibus juga tersedia berkat modifikasi oleh perusahaan karoseri lokal.

Toyota Hiace Generasi Ketiga (H50; 1982-1989)

Generasi ketiga HiAce diperkenalkan pada tahun 1982 dengan variasi jarak sumbu roda yang berbeda, yang ditandai oleh kode modelnya. Seri van 50 memiliki jarak sumbu pendek, seri 60 lebih panjang, dan seri 70 sangat panjang. Sementara itu, versi truk menggunakan kode seri 80 dan 90.

Pada Tokyo Motor Show 1987, Toyota Mobile Lounge diperkenalkan, yang didasarkan pada HiAce Commuter dengan atap tinggi. Tahun 1989 menyaksikan pembaruan untuk versi van dan komuter dari generasi ini, sementara versi pickup tetap diproduksi hingga pertengahan 1990-an. Generasi ini menandai akhir dari HiAce yang menawarkan versi pikap.

Toyota HiAce Generasi Keempat (H100; 1989-2004)

Generasi keempat HiAce debut pada tahun 1989, menawarkan opsi dengan sumbu roda standar dan panjang. Varian yang tersedia termasuk Van, Minibus (atau Commuter), dengan pilihan chassis panjang, atap standar, dan atap tinggi (high roof). Di Jepang, varian mewah Super Lounge, model dengan penggerak 4WD, dan kembarannya yang dikenal sebagai Regiusace juga tersedia. HiAce generasi ini sangat populer di pasar Australia dan mencatat kesuksesan yang besar.

Toyota HiAce Generasi Kelima (H200; 2004-Sekarang)

Toyota HiAce generasi kelima telah dilengkapi dengan tuas transmisi yang dipindahkan ke dasbor untuk mempermudah pergerakan di dalam kabin. Transmisi yang tersedia meliputi manual 5 percepatan dan otomatis 6 percepatan. Seluruh model mesin menggunakan mesin 4 silinder DOHC, dengan pilihan mesin bensin 1TR-FE 2.000 cc atau 2TR-FE 2.700 cc, serta mesin diesel 2KD-FTV 2.500 cc atau 1KD-FTV 3.000 cc D-4D.

Mesin 2.5L turbo diesel menghasilkan tenaga 75 kW pada 3.600 rpm dan torsi 260 Nm pada 1.600-2.400 rpm. Sementara itu, mesin turbo diesel 3.0L memiliki tenaga 80 kW pada 3.000 rpm dan torsi maksimum 286 Nm pada 1.200-1.600 rpm.

Toyota HiAce kembali hadir di Indonesia setelah diluncurkan pada pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2012 dalam bentuk CBU (Completely Built Up) dari Jepang. Kini, Toyota HiAce generasi ini masih dijual resmi di Indonesia dalam varian Commuter, yang memiliki keunggulan dalam kapasitas penumpang yang mampu menampung hingga 16 orang.

Perubahan terbaru pada Toyota HiAce generasi ini meliputi penambahan footstep di pintu penumpang belakang, foglamp LED, desain kaca spion baru, dan perubahan terbesar pada mesinnya yang kini menggunakan mesin 1KD-FTV 3.0L standar Euro 4 dengan EGR.

Berbeda dengan HiAce Premio generasi keenam, HiAce Commuter generasi ini memiliki keunggulan dalam kapasitas penumpang dan juga menggunakan mesin 1KD-FTV 3.0L standar Euro 4 dengan EGR, sedangkan HiAce Premio menggunakan mesin 1GD-FTV.

Toyota HiAce Generasi Keenam (H300; 2019-Sekarang)

Generasi keenam HiAce membuat debut globalnya di Filipina pada 18 Februari 2019. Perubahan signifikan terjadi pada tata letak mesin yang dipindahkan dari bawah jok penumpang depan ke bawah kap mesin. Desain lampu depan dan gril depan terinspirasi dari Alphard.

Model baru ini juga dilengkapi dengan cermin sayap dan velg baru pada varian premium. Di bagian belakang, perubahan mencakup lampu belakang yang didesain ulang dan pintu bagasi baru. Interior mengalami pembaruan dengan dashboard baru yang dilengkapi setir baru, sistem navigasi, panel instrumen, serta sistem HVAC baru.

Mesin 2.8 liter 1GD-FTV turbo-diesel inline-4 engine menjadi salah satu opsi mesin, yang juga ditemukan di Fortuner dan Hilux. Rentang mesin bensin awalnya mencakup mesin 3.5 liter 7GR-FKS V6 yang juga digunakan pada mobil SUV Land Cruiser Prado. Di Australia, generasi keenam HiAce diperkenalkan pada 28 Mei 2019, dengan lima varian yang tersedia.

Baca juga: Berapa Kapasitas Penumpang Hiace Commuter?

Di Indonesia, debutnya terjadi pada 26 Juli 2019 di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 sebagai HiAce Premio, yang dijual bersamaan dengan HiAce generasi kelima. Versi mewahnya, dikenal sebagai Granvia, diperkenalkan pada 21 Mei 2019 dan tersedia di Taiwan dan Australia (menggantikan Tarago).

Granvia juga diluncurkan di Thailand pada 16 Agustus 2019 sebagai Majesty, menggantikan Ventury. Di Indonesia, HiAce sering digunakan sebagai armada untuk layanan travel antar kota.

Jenis HiAce Ada Apa Saja?

Seperti kita ketahui, HiAce memiliki beragam tipe yang mampu menampung banyak penumpang. Namun, pertanyaan umum yang muncul adalah berapa kapasitas penumpang dari masing-masing tipe HiAce tersebut, mengingat variasi yang ada saat ini. Berikut ini jenis-jenis HiAce dan penjelasannya:

1. HiAce Premio

Mari kita mulai dengan HiAce Premio, yang memiliki dua kapasitas yang berbeda: 11 dan 14 tempat duduk. Mobil ini menawarkan sejumlah keunggulan, termasuk kenyamanan ekstra bagi penumpang dan fitur multimedia untuk membuat perjalanan lebih menyenangkan.

2. HiAce Premio Luxury

Meskipun HiAce Premio Luxury hanya memiliki 9 tempat duduk, jangan remehkan fasilitas dan kenyamanannya. Dengan 3 tempat duduk di bagian belakang, 2 di bagian depan, serta kursi sopir dan satu penumpang di bagian depan, mobil ini menawarkan berbagai fitur yang memastikan kenyamanan Anda.

3. HiAce Commuter

HiAce Commuter menawarkan kapasitas besar dengan 14 tempat duduk, menjadikannya pilihan ideal untuk mengangkut penumpang dalam jumlah besar. Meskipun menawarkan banyak tempat duduk, kenyamanan penumpang tetap terjaga dengan fitur Rear Ceiling AC yang tersebar di sepanjang atap mobil. Jarak yang luas antara kursi juga memberikan keleluasaan bagi penumpang untuk bergerak.

4. HiAce New Luxury

Seperti HiAce Premio Luxury, Hiace New Luxury juga menawarkan 9 tempat duduk dengan sistem penempatan kursi yang serupa. Namun, perbedaannya terletak pada fasilitas tambahan yang ditawarkan. Termasuk tempat penyimpanan minuman di bagian penyangga tangan untuk penumpang.

5. HiAce Grand Luxury

HiAce Grand Luxury menyediakan 10 tempat duduk dengan fasilitas yang nyaman. Perbedaannya dengan tipe lain yang menawarkan 9 tempat duduk terletak pada penempatan kursi di bagian belakang dan depan. Tipe ini menambah satu kursi di bagian belakang, sehingga totalnya menjadi 4 kursi, sementara kursi kedua dari belakang diperluas menjadi 3 kursi, dengan 2 di sebelah kiri dan 1 di sebelah kanan.

Nah itulah penjelasan apa itu HiAce, mulai dari pengertian, generasi dan jenis-jenisnya. Jika Anda berencana melakukan perjalanan bersama rombongan dan membutuhkan mobil yang mampu menampung banyak penumpang, maka sewa HiAce dari Jakartarentbus adalah solusinya.

Kami menyediakan berbagai pilihan armada HiAce yang selalu terawat dengan baik dan berkualitas tinggi seperti sewa Hiace Premio. Sehingga menjamin kenyamanan, keamanan, dan kepuasan Anda serta seluruh anggota rombongan selama perjalanan.

Dengan layanan yang profesional dan armada yang lengkap, kami siap mengantarkan Anda ke berbagai tujuan di Jakarta dan sekitarnya dengan penuh kenyamanan dan keamanan. Jadi, pilihlah Jakartarentbus untuk pengalaman perjalanan yang tak terlupakan bersama rombongan Anda!