Berapa Jumlah Kursi Bus Pariwisata Seat 2-3?

/ / Blog

Jumlah kursi bus pariwisata seat 2-3 berbeda-beda tergantung pada jenis busnya. Bus pariwisata dengan kapasitas lebih besar, seperti bus double decker, mungkin memiliki jumlah kursi yang lebih banyak. Sementara bus pariwisata dengan kapasitas lebih kecil, seperti minibus, mungkin hanya memiliki jumlah kursi yang lebih sedikit.

Nah sebelum Anda menyewa bus pariwisata, penting untuk memahami formasi kursi dalam bus tersebut. Proses pemesanan akan menjadi lebih mudah setelah Anda mengetahui jumlah peserta yang pasti. Ini karena formasi seat bus pariwisata dapat mempengaruhi ketersediaan dan kenyamanan perjalanan.

Jumlah Kursi Bus Pariwisata Seat 2-3

Jumlah kursi bus pariwisata seat 2-3 yaitu 40 sampai 47 untuk big bus dan 59 atau 61 tempat duduk untuk big bus ekonomi. Big bus maupun big bus ekonomi menyediakan kapasitas yang cukup besar untuk menampung sejumlah besar penumpang dalam satu perjalanan wisata.

Bus ini dirancang untuk memberikan kenyamanan dan fasilitas yang memadai. Dan menciptakan pengalaman perjalanan yang menyenangkan bagi para penumpang yang ingin menjelajahi destinasi wisata dengan kelompok besar.

Jadi Bagi Anda yang berencana liburan dengan rombongan dengan jumlah besar, maka jenis bus ini bisa menjadi pilihan karena jumlah kursinya yang banyak. Menggunakan bus pariwisata ini lebih nyaman karena lebih lega dan memiliki tempat duduk yang nyaman dan dilengkapi dengan fasilitas yang membuat setiap peserta rombongan nyaman.

Jenis Bus Pariwisata Paling Umum

Setelah Anda mengetahui jumlah kursi bus pariwisata seat 2-3, Anda juga perlu tahu jenis bus pariwisata yang paling umum menjadi pilihan banyak orang. Nah berikut beberapa jenis bus pariwisata yang sering menjadi pilihan untuk perjalanan wisata:

1. Mini Bus

Minibus atau microbus dalam kategori bus pariwisata merupakan kendaraan roda empat yang dapat menampung antara 8 hingga 19 penumpang. Jenis bus ini sangat sesuai untuk kegiatan liburan bersama teman dekat atau perjalanan dalam jarak yang tidak terlalu jauh.

Menikmati perjalanan dengan minibus akan memberikan pengalaman yang lebih seru dan penuh keakraban karena desainnya yang lebih kompak. Setiap penumpang dapat dengan nyaman menikmati perjalanan liburannya.

Ukuran dimensi mini bus:

Panjang : 6 hingga 8 meter

Lebar : Sekitar 2,1 meter

Tinggi : Sekitar 2,5 meter

Kapasitas : 8 hingga 19 penumpang

2. Bus Sedang

Medium bus, juga dikenal sebagai bus ukuran 3/4, memiliki kapasitas penumpang sekitar 25 hingga 31 kursi. Bus ini sangat cocok untuk kelompok yang lebih besar, seperti mahasiswa yang sering melakukan perjalanan untuk kegiatan organisasi atau berkelompok.

Atau bahkan untuk acara kantor yang karyawannya tidak terlalu banyak, maka jenis bus ini sangat cocok untuk menemani perjalanan liburan.  Konfigurasi kursi pada medium bus adalah 2 seat atau dua kursi di sebelah kanan dan dua kursi di sebelah kiri.

Ukuran dimensi bus sedang:

Panjang : 8 hingga 10 meter

Lebar : Sekitar 2,3 meter

Tinggi : Sekitar 3 meter

Kapasitas : 25 hingga 31 penumpang

3. Bus Medium Long

Selanjutnya, terdapat jenis bus Junior atau medium long dengan kapasitas penumpang sekitar 35 hingga 39 bangku. Bus medium long ini memiliki dimensi lebih panjang dibandingkan medium bus, namun lebih kecil dibandingkan big bus.

Dengan pengaturan dua kursi di sebelah kanan dan dua kursi di sebelah kiri, bus medium long 35 seat ini memberikan ruang yang luas dan nyaman untuk perjalanan bersama keluarga yang belum terlalu besar.

Ukuran dimensi bus medium long:

Panjang : 10 hingga 12 meter

Lebar : Sekitar 2,5 meter

Tinggi : Sekitar 3,5 meter

Kapasitas : 30 hingga 50 penumpang

4. Big Bus

Big Bus merupakan bus pariwisata dengan ukuran yang besar dengan kapasitas mencapai 59 penumpang. Ini menjadi favorit orang terutama dalam mencari sewa bus pariwisata di untuk jumlah penumpang yang lebih banyak.

Big Bus dibagi menjadi dua tipe, yakni 59 penumpang dengan kursi tiga di sebelah kiri dan dua di sebelah kanan. Dan 47 penumpang dengan kursi dua di kedua sisi. Fleksibilitas ini menjadikan Big Bus sebagai pilihan yang ideal untuk rombongan besar, seperti liburan bersama keluarga besar atau kegiatan acara kantor.

Ukuran dimensi big bus:

Panjang : 12 hingga 15 meter

Lebar : Sekitar 2,5 meter

Tinggi : Sekitar 3,8 meter

Kapasitas : 45 hingga 59 penumpang

Tips Menentukan Kapasitas Bus Pariwisata

Saat akan menyewa bus pariwisata, penting untuk memilih jenis bus pariwisata yang tepat sehingga membuat semua penumpang lebih nyaman dan aman. Berikut beberapa tips menentukan jenis bus pariwisata yang tepat:

1. Hitung Jumlah Penumpang

Pastikan Anda memilih bus yang sesuai dengan jumlah orang. Hindari memilih bus yang terlalu besar jika penumpangnya sedikit, karena hal ini dapat menyia-nyiakan kapasitas dan anggaran Anda. Di sisi lain, pastikan juga tidak memilih bus yang terlalu kecil sehingga kenyamanan seluruh penumpang tetap terjaga.

2. Ruang dan Kenyamanan

Pilihlah bus pariwisata yang menawarkan ruang dan kenyamanan yang cukup untuk perjalanan yang panjang. Kualitas kursi, ruang kaki, dan fasilitas lainnya harus diperhatikan agar seluruh penumpang dapat merasa nyaman dan menikmati perjalanan.

3. Fasilitas Tambahan

Perhatikan kebutuhan fasilitas tambahan selama perjalanan, seperti toilet di dalam bus, Wi-Fi, hiburan, atau fasilitas lainnya. Pastikan bus yang Anda pilih dapat menyediakan fasilitas sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

4. Rute Perjalanan

Pertimbangkan rute perjalanan Anda saat memilih ukuran bus, terutama jika tujuan Anda sulit dijangkau. Pastikan bus yang Anda pilih dapat melewati jalan yang sesuai dengan rencana perjalanan, seperti untuk destinasi wisata di pegunungan Jawa Barat.

5. Anggaran

Terakhir, sesuaikan anggaran perjalanan Anda dengan biaya yang telah Anda tetapkan. Komunikasikan anggaran Anda dengan penyedia layanan bus agar mereka dapat membantu Anda menemukan pilihan yang ekonomis tanpa mengorbankan kualitas pelayanan.

Manfaat Menggunakan Bus Pariwisata

Memilih bus pariwisata banyak menawarkan manfaat bagi penumpang. Di bawah ini adalah beberapa manfaat dari menyewa bus pariwisata terbaik:

1. Fasilitas Nyaman

Salah satu keunggulan bus pariwisata adalah interior dirancang khusus untuk menjamin kenyamanan penumpang. Sedangkan, formasi seat bus pariwisata yang luas memungkinkan penumpang untuk bergerak dengan lebih leluasa tanpa merasa sesak, bahkan ketika bus diisi dengan banyak orang.

Tak hanya itu, adanya ruang penyimpanan barang yang terpisah dari tempat duduk membuat penumpang tidak perlu khawatir tentang kekurangan ruang. Bahkan meskipun membawa barang bawaan yang banyak. Dengan demikian, pengalaman perjalanan menjadi lebih menyenangkan.

2. Harga Terjangkau

Meskipun biaya sewa bus pariwisata lebih tinggi dibandingkan mobil biasa, namun tetap terjangkau karena dibagi banyak penumpang. Dengan jumlah seat bus yang banyak, setiap penumpang dapat membayar biaya sewa dengan jumlah yang lebih minim. Sehingga biaya per individu tetap terjaga.

Dibandingkan dengan mobil pribadi yang terbatas dalam kapasitas penumpang, bus pariwisata lebih efisien secara finansial. Harga yang terjangkau dan adanya sopir profesional dengan pengalaman luas bisa menjadi nilai tambah yang membuat harga sewa bus pariwisata lebih terjangkau.

3. Aman Saat Di Perjalanan

Keamanan menjadi prioritas saat menyewa bus pariwisata dengan jumlah seat yang banyak. Sopir yang terampil dan terpercaya memastikan perjalanan berjalan lancar, sementara perawatan rutin pada bagian mesin bus mencegah insiden seperti mogok di tengah jalan.

Selain itu, adanya asuransi pada jasa sewa bus juga memberikan perlindungan tambahan. Jika terjadi kecelakaan, biaya perawatan bagi penumpang yang terluka akan ditanggung oleh perusahaan sewa bus. Ini memberikan tingkat proteksi yang tinggi untuk setiap pelanggan.

Itulah jumlah kursi bus pariwisata seat 2-3. Dengan mengetahui jumlah kursi bus pariwisata seat 2-3, maka Anda dapat menyewa bus dengan tepat dan sesuai kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi Jakartarentbus sebagai salah satu jasa sewa bus pariwisata.