Bus Pariwisata Muat Berapa Orang? 48/59?

/ / Blog

Banyak yang bertanya, bus pariwisata muat berapa orang? Jawabannya tergantung pada jenis bus yang ingin Anda sewa. Karena, setiap jenis bus memiliki kapasitas penumpang yang berbeda-beda, sehingga saat Anda ingin menyewa bus pariwisata, pasti disesuaikan dengan jumlah penumpang yang ada.

Bus pariwisata adalah alat transportasi yang didesain khusus untuk membawa penumpang dalam jumlah banyak. Definisi bus pariwisata juga dapat mencakup penggunaannya yang tidak hanya untuk keperluan wisata saja, tetapi juga sebagai sarana transportasi umum untuk antar jemput penumpang.

Kira-Kira, Bus Pariwisata Muat Berapa Orang?

Kenyamanan penumpang menjadi faktor utama saat memilih kapasitas kursi pada bus pariwisata. Untuk memastikan perjalanan wisata lebih nyaman, disarankan untuk memilih tipe tempat duduk yang dilengkapi dengan kursi yang dapat diatur kemiringannya, atau yang dikenal sebagai “reclining seat”.

Jumlah kursi pada bus pariwisata bervariasi, tergantung ukuran bus yang dipilih. Umumnya, bus pariwisata big bus mempunyai kapasitas yang lebih banyak dibandingkan micro bus. Karena ukurannya yang kecil dan hanya mampu menampung kapasitas sedikit. Berikut penjelasan bus pariwisata muat berapa orang:

1. Mini Bus

Bus Pariwisata Muat Berapa Orang? Kendaraan mini bus memiliki dimensi yang lebih kecil daripada bus konvensional, namun lebih besar daripada mobil biasa. Minibus dapat menjadi pilihan ideal bagi keluarga besar yang merencanakan perjalanan bersama.

Kapasitas penumpangnya bervariasi, mulai dari 13 hingga 15 kursi atau 16 hingga 19 kursi. Bus pariwisata ini mampu memberikan fleksibilitas bagi Anda yang ingin pergi jalan-jalan dengan mudah, sebab bus ini sesuai dengan jumlah penumpang yang akan ikut.

2. Junior Bus

Bus Pariwisata Muat Berapa Orang? Jenis bus pariwisata ini dapat dianggap sebagai inovasi terbaru. Junior bus merupakan penyempurnaan dari medium bus dalam hal dimensi fisik. Dengan kapasitas penumpang sebanyak 39 kursi, junior bus memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding big bus

Namun sedikit lebih panjang dibandingkan dengan bus medium. Hal ini menciptakan ruang penumpang yang terasa lebih luas dan nyaman. Penataan kursinya pun unik, dengan dua kursi di sisi kanan dan dua kursi di sisi kiri, memberikan pengalaman perjalanan yang lebih menyenangkan bagi penumpang.

3. Medium Bus

Di atas sudah sedikit dibahas mengenai medium bus, yang memiliki dimensi sedikit lebih pendek dibandingkan dengan junior bus. Kapasitas penumpangnya mencapai 35 kursi dan diatur dengan format yang serupa seperti junior bus, yaitu dua kursi di sisi kanan dan dua kursi di sisi kiri.

Lalu, Bus Pariwisata Muat Berapa Orang? Meskipun lebih kecil daripada junior bus, nampaknya medium bus menawarkan kenyamanan yang lebih baik dan dapat menampung kapasitas lebih banyak daripada mini bus dan junior bus yang hanya mampu menampung maksimal 20-30 orang.

Jenis bus ini juga sering disebut sebagai bus 3/4 yang tidak terlalu kecil tetapi juga tidak terlalu besar. Medium bus sangat cocok untuk acara wisata kelompok atau kegiatan per divisi perusahaan. Dengan ukurannya yang ideal, medium bus memberikan kenyamanan dan fleksibilitas bagi kelompok-kelompok yang membutuhkan transportasi untuk perjalanan bersama.

4. Big Bus

Bus Pariwisata Muat Berapa Orang? Jenis bus yang terakhir adalah big bus. Bus pariwisata ini memiliki kapasitas 59 orang untuk kelas ekonomi. Namun, terdapat juga varian big bus yang dirancang untuk menampung 48 orang penumpang.

Pada big bus pariwisata kelas ekonomi, tatanan kursinya adalah 3 kursi di sisi kanan dan 2 kursi di sisi kiri. Sedangkan, untuk big bus berkapasitas 48 orang, pengaturan kursinya mirip dengan medium bus dan junior bus, yaitu dua kursi di setiap sisi.

Dengan konfigurasi ini, pengalaman perjalanan menjadi lebih nyaman karena memberikan ruang yang lebih luas. Setiap penumpang akan merasa nyaman, karena kursi yang mereka duduki tidak berdesak-desakan, tetapi memiliki jarak satu sama lain.

*Baca Juga: Berapa Jumlah Kursi Bus Pariwisata Seat 2-3?

Tips Memilih Bus Pariwisata

Setelah memahami Bus Pariwisata Muat Berapa Orang, langkah selanjutnya adalah memilih bus pariwisata yang nyaman untuk perjalanan Anda. Berikut adalah tips memilih bus pariwisata yang nyaman:

1. Fasilitas

Pastikan bus pariwisata yang Anda pilih dilengkapi dengan fasilitas standar untuk perjalanan jarak jauh. Beberapa fasilitas umum pada bus pariwisata meliputi AC, kursi yang dapat direbahkan, TV LCD, pemutar DVD, mikrofon untuk karaoke, colokan charger HP, serta bantal dan selimut (opsional), bahkan hingga toilet.

2. Hiburan

Pilih bus pariwisata yang menyediakan fasilitas hiburan seperti perangkat audio video, akses Karaoke, dan mungkin Wi-Fi gratis, jika memungkinkan. Selain menemani perjalanan, fasilitas ini memudahkan Anda untuk tetap terhubung dengan keluarga dan teman selama perjalanan.

3. Keamanan

Hampir semua perusahaan otobus dilengkapi dengan fitur keamanan seperti palu pemecah kaca, pemadam kebakaran, serta pintu darurat bahkan hingga sabuk keselamatan. Misalnya, pada bus dari perusahaan tertentu, seperti Jakartarentbus, keamanan diutamakan untuk menjamin keselamatan selama perjalanan.

4. Kapasitas

Sesuaikan kapasitas bus dengan jumlah penumpang Anda dan pastikan semua penumpang memiliki tempat duduk agar perjalanan dapat berlangsung dengan nyaman. Jangan memilih jenis minibus jika rombongan lebih dari 50 orang, ini pasti tidak memuat semua penumpang. Pastikan memilih jenis bus sesuai dengan jumlah rombongan.

5. Kursi Nyaman

Kursi yang nyaman dan ergonomis menjadi aspek krusial dalam bus pariwisata. Pasalnya, kursi yang dirancang dengan baik mampu memberikan kenyamanan tambahan serta mengurangi kelelahan saat melakukan perjalanan jarak jauh.

6. Toilet Bersih

Meskipun tidak semua bus pariwisata dilengkapi dengan fasilitas toilet, jika Anda mencari bus dengan toilet, pastikan kondisinya bersih. Keberadaan toilet yang bersih akan lebih meningkatkan kenyamanan, terutama untuk penumpang di sekitar area toilet.

7. Kapasitas Bagasi

Bus pariwisata biasanya dilengkapi dengan bagasi yang sesuai dengan tipe masing-masing, digunakan untuk menyimpan barang bawaan penumpang. Fasilitas bagasi yang memadai membantu penumpang membawa barang-barang yang tidak cukup muat di kabin.

8. Pelayanan Prima

Layanan yang baik dari awak bus pariwisata, termasuk sopir yang berpengalaman dan ramah, akan meningkatkan kenyamanan dan memberikan kesan positif bagi para penumpang. Jadi pastikan Anda memilih penyedia bus pariwisata terbaik.

9. Performa Kendaraan

Kondisi mesin yang prima adalah modal utama dalam pelayanan armada yang layak jalan. Sistem pengereman yang baik dan kondisi mesin yang sehat menjadi faktor tidak dapat ditawar untuk menjamin keselamatan penumpang selama perjalanan.

*Baca Juga: Daftar Harga Sewa Bus Pariwisata di Jakarta

Pastikan untuk memilih jasa sewa bus pariwisata yang terpercaya dan telah terbukti memberikan pelayanan terbaik. Oleh karena itu, pahami dengan baik medan perjalanan yang akan Anda tempuh selama berwisata, karena hal ini akan mempengaruhi jenis kendaraan yang paling cocok untuk digunakan.

Anda bisa memilih layanan sewa bus pariwisata dari Jakartarentbus, kami menyediakan berbagai jenis armada berkualitas dengan fasilitas mewah. Setiap bus pariwisata di tempat kami di desain khusus untuk perjalanan jauh, Anda dapat menikmati perjalanan wisata yang nyaman, aman, dan menyenangkan.

Dengan begitu, Anda bisa tahu Bus Pariwisata Muat Berapa Orang! Jika Anda butuh bantuan, silahkan hubungi kami di Nomor 082298062386